Wednesday, 15 June 2016

Cara Membuat Konten Berkualitas dengan Mencurinya dari Kompetitor

cara membuat konten berkualitas
Konten Anda telah dicuri!

Ide Anda telah diambil orang lain!

Sadarkah Anda?

Anda telah melakukan kesalahan.

Anda membiarkan mereka mencuri konten Anda.

Mulai sekarang, belajarlah mencuri konten juga.

Apakah aman?

Aman.

Ini tidak memakai script AGC atau script-script kotor lainnya.

Mari kita curi dengan cara yang bersih.

Cara mencuri konten berkualitas


Pelajarilah cara pencuri konten mencuri konten Anda.

Serang balik mereka dengan cara yang sama.

Mereka kompetitor Anda?

Cocok.

Metode ini dibuat untuk tujuan itu.

Mari dimulai.

1. Cari konten terbaiknya


Ada 3 indikasi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui konten terbaik di blog kompetitor.

  • Jumlah share ke media sosial
  • Backlink ke konten
  • Komentar

Mari kita lacak ketiganya.

Melacak share media sosial


Jika kita ingin tahu konten mana yang mendapat share sosial media terbanyak, ada beberapa alat bantu gratis yang tersedia di internet.

Pada kesempatan kali ini, kita bisa menggunakan ShareTally.

Layanan Sharetally

Kelemahan:

Kita tidak bisa melacak jumlah tweet dan perlu submit permalink konten pesaing satu per satu.

Langkahnya:

  • Kunjungi halaman blog pesaing,
  • Cari widget populer post nya,
  • Catat itu menggunakan notepad,
  • Cari jumlah sharenya di Sharetally satu per satu,
  • Catat semua hasil dari Sharetally,
  • Berikan skor dari 1-10 berdasar banyaknya pos yang ada di pos populer. Kalau pos populernya cuma 5, berikan skor 1-5.

Contoh:

Ada 3 pos.
Pos pertama, 30 share facebook, 40 share pinterest, 25 share google+ = 95 share SKOR 1
Pos kedua, 14 share facebook, 30 share stumbleupon, 4 share linkedin = 48 share SKOR 3
Pos ketiga, 25 share facebook, 50 share linkedin, 4 buffer = 79 share SKOR 2

Setelah menemukan konten dengan jumlah share terbanyak, lihat konten itu.

P.S: Selain menggunakan sharetaly, Anda juga bisa menggunakan Buzzsumo.

Jika menggunakan sharetally gratis tapi rumit, maka Buzzsumo adalah sebuah layanan mudah tapi berbayar (meski ada versi trialnya).

Melacak backlinks terbanyak


Kita juga dapat menemukan backlink terbaik dari konten-konten terbaik milik pesaing kita.

Sebagai contoh, pesaing saya adalah Jalan Tikus.

Maka langkah-langkah yang saya lakukan adalah....

Masuk ke Majestic, masukkan domain pesaing Anda di kotak biru --> enter, lalu berpindahlah ke ke halaman page, lihat yang ada di kotak kuning. Itu adalah top page dari jalan tikus.

Majestic

Sekarang Anda sudah mengetahui konten mana yang mendapatkan backlink terbanyak.

Untuk backlink juga sama, beri skor di masing-masing kontennya.

Sesuai dengan urutan banyaknya backlink.

Melacak komentar


Satu-satunya cara, Anda harus mengunjungi konten-konten yang ada di pos terpopuler satu per satu.

Lalu setelah itu catat banyaknya komentar di tiap konten...

...beri skor pada tiap-tiap konten berdasarkan jumlah komentar yang ada di konten, seperti langkah-langkah sebelumya.

Nah.....

Konten terbaik kompetitor adalah....


Ketika 3 langkah tersebut sudah Anda lakukan, Anda dapat menentukan konten terpopuler milik pesaing.

Mari lanjutkan.

Coba perhatikan gambar contoh di bawah ini:

Membuat konten berkualitas

Dari gambar di atas bisa di lihat kalau konten A, B, dan C adalah konten terpopuler berdasarkan indikasinya masing-masing.

Nah... Kalau kita mau menemukan konten terpopuler dari yang terpopuler maka kita harus tau nilai rata-rata tiap konten.

Caranya:

Contoh, kita menghitung rata-rata konten A.

Sosial share= 1 , backlink= 2 , komentar= 4
Rata-rata= (1+2+4):3 jawabannya adalah 2,3

Ketika semua rata-rata sudah terhitung, rata-rata dengan angka terkecil adalah yang terpopuler.

2. Mulai buat konten Anda


Ketika Anda sudah tau konten mana yang terpopuler, langkah selanjutnya adalah membuat konten berkualitas itu.

Ini adalah tutorial yang sudah sering dibahas sampai gosong di blog-blog dengan niche blogging.

Jujur.

Sebenarnya tidak ada formula yang jelas untuk membuat konten yang berkualitas namun untung saja Anda punya pegangan dalam membuat konten berkualitas.

Saya hanya membantu Anda untuk mengungkapkan ide Anda sehingga Anda menikmati proses membuat konten tersebut.

a. Perhatikan komentar konten pesaing


Dengan Anda memperhatikan komentar di halaman konten pesaing Anda, Anda punya bahan untuk mengembangkan konten itu.

Sebagai contoh,

Jika ada sebuah konten populer "Cara Blogger Profesional Meningkatkan Traffic Blognya", pasti ada pertanyaan yang intinya adalah "Bagaimana Anda mempromosikan konten Anda?" bukan?

Nah ketika pertanyaan itu ada, maka Anda dapat membuat sebuah konten tentang pengalaman Anda sendiri dalam mempromosikan konten Anda.

Serta, memberi sedikit bumbu yaitu dengan menambahkan jawaban dari komentar-komentar lain yang ada dalam halaman konten tersebut.

Ini adalah emas, karena kita tahu itu relevan untuk audiens kita.

b. Tambahkan media


Tambahkan media yang sekiranya bisa menjelaskan sebuah konsep supaya lebih rinci.

Media itu bisa berupa video, gambar, musik, atau sebuah infographic.

Ini akan menambah daya saing konten Anda di SERP.

c. Jadikan konten Anda sebagai Pemberhentian Terakhir


Buatlah konten Anda sebagai titik terakhir bagi mereka yang mencari tau tentang permasalahan mereka.

Anda harus membuat konten yang lengkap.

Sehingga, mereka paham tentang semuanya ketika mereka selesai membaca konten Anda.

Sederhananya, tidak ada ilmu yang ngambang dan menyisakan pertanyaan.

d. Manfaatkan Google


Buat sebuah konten baru dengan memanfaatkan Google.

Kunjungi konten-konten pesaing Anda yang setopik bahasan dengan konten pesaing utama Anda tadi.

Catat yang Anda suka dan tidak suka, susunlah sebaik mungkin menjadi satu dan buatlah sebuah konten yang mantab.

3. Menyerang mereka


Sekarang adalah saat paling menyenangkan, menggunakan konten mereka untuk menyerang mereka.

Kompetitormu telah melakukan sesuatu yang besar.

Mereka telah menyeret semua orang yang tertarik dengan niche Anda ke blog mereka.

Dan para pembaca itu juga memberikan hadiah dalam bentuk sosial share, komentar, dan link ke konten mereka.

Hmm... Sekarang, yang perlu kita lakukan adalah menemukan orang-orang ini.

Mencuri sosial sharenya


Anda dapat mencari di semua platform sosial media dengan kata kunci judul konten mereka.

Lalu buat kalimat yang sama, namun sertakan link konten Anda pastinya.

Setelah itu Anda dapat mengeposkan kalimat itu sebagai sebuah status di sosial media tersebut.

Mencuri komentarnya


Anda bisa menghubungi beberapa komentator di blog pesaing Anda via e-mail atau apa pun juga.

Anda menghubungi mereka untuk memberitahu satu konten yang dibutuhkan oleh mereka.

Kenapa saya bisa yakin mereka butuh?

Karena mereka adalah komentator di blog pesaing Anda, otomatis mereka akan suka dengan topik konten Anda.

Mencuri linknya


Anda bisa menggunakan alat Majestic tadi, lihat-lihat saja di sana.

Ketika Anda sudah tau di mana saja pesaing Anda mendapatkan backlink, Anda hanya perlu mendapatkan backlink di tempat yang sama juga.

Anda bisa memberikan komentar di situ atau meminta tolong pemilik blog untuk menyertakan link ke konten Anda di kontennya.

P.S: Yang ingin mencuri konten pesaing secara utuh coba baca konten ini,

  1. Cara menentukan judul,
  2. Cara menentukan permalink,
  3. Cara menentukan deskripsi penelusuran.
  4. Download PDF Gratis

Semangat!


Anda sekarang seharusnya sudah bisa membuat sebuah konten berkulitas yang sama seperti pesaing Anda.

Dan, berpeluang mendapatkan semua yang telah didapatkan pesaing Anda di konten yang Anda curi tersebut.

Bagaimana menurut Anda?

Apakah ini pantas dibagikan?

Terima kasih.

20 komentar

Wah tipsnya lumayan keras nih..tapi bermanfaat gan..

Hahaha. Kadang sesuatu yang keras itu perlu dilakukan mas. 8-)

biasanya memang seperti itulah yang diterapkan
biasanya menjatuhkan pesaing dengan judul yang sama tapi dengan pembahasan yang berbeda.

Iya mas... Bener pembahasan di konten dengan sudut pandang yang berbeda.

Itu akan menciptakan kesan tidak membosankan untuk dibaca.

Jika orang sudah pernah baca konten sejenis yang sama kan bosen, membaca artikel yang itu itu saja.

Wih emang nih ane kadang pake cara beginian,,tapi dari kompetitor asing :D

Nice Artikel gan,,keep good artikel

Whehehehe... Kalau dari kompetitor asing juga bisa sih.
Tapi harus ati-ati, karena nanti bisa2 cuma menerjemahkan saja. :)

susah nih kayak nya tapi kalok bisa pasti seneng banget

Bener jg sich dan masuk akal jg

Iya mas.
Kalau bisa lebih unggul pasti senenglah.
Lha wong kita "mencuri" idenya mereka og. :)

ini lumayan juga yah kalau dicoba

mantap kadang suka susah cari ide hehehe

Kayaknya seru juga nih kalau dipraktekin

ini melanggar aturan blogger kaga gan ? maklum saya newbie -_-

Pertanyaan yang bagus Shazam.
Sepertinya mas sudah coba namun sekarang merasa takut. Tidak usah khawatir melanggar mas, ini aman kok. :)
Karena ini tidak menggunakan script AGC ataupun "copas" konten orang lain.

Selalu dah suhu ane ini emang terbaik kalo ngasih solusi, bukannya apa tapi tiap artikel yg di terbitkan itu selalu bermanfaat bagi ane pribadi jujur

Ayo komentar.... :) Bagikan pengalaman Anda!
EmoticonEmoticon